Sambal goreng krecek disuguhkan dengan gudeg

Pernahkah kita mencicipi hidanga Gudeg Jogja? Jika telah pernah, barangkali terdapat ingat satu pelengkap yang mesti terdapat di dalamnya, yakni sambal goreng krecek. Sambal goreng krecek mesti disuguhkan bareng dengan gudeg. Hal ini tidak terlepas dari rasa gudeg yang paling manis sampai-sampai butuh dipadukan dengan sambal goreng krecek yang gurih pedas. Perpaduan dua-duanya ternyata dapat menghasilkan satu kombinasi yang nikmat di lidah. Berdasarkan penjelasan dari masyarakat Yogyakarta, santap nasi gudeg dengan bawang goreng tidak terasa menyeluruh tanpa adanya sambal goreng krecek ini. Masakan ini diciptakan dari krecek dan bawang goreng atau lebih dikenal dengan kulit sapi. Nasi gudeg dan sambal bawang goreng krecek ini tidak sedikit dipasarkan di lokasi tinggal santap maupun di pinggir jalan. kita bisa membelinya kapan juga kita mau. Namun, kebanyakan, menu ini laris di jam-jam sarapan dan jam lepas malam (di atas jam 21.00).

Sambal goreng krecek disuguhkan dengan gudeg


Jika kita tidak bermukim di wilayah Yogyakarta, barangkali agak terasa susah guna mengejar lokasi tinggal santap atau warung yang meluangkan menu ini dengan resep asli. Bagi itu, inilah kami berikan resep sambal bawang goreng krecek supaya kita dapat membuatnya sendiri di rumah. Dalam penyajiannya, seringkali gudeg ’’ditemani’’ oleh sejumlah kudapan beda laksana telur rebus, ayam, tempe, tahu, kerupuk kulit, sambal goreng dan pastinya nasi putih hangat. Karena tercipta dari santan kelapa yang jumlahnya paling tidak sedikit maka gudeg biasa disajikan bareng kuahnya. Gudeg dengan kuah memang mesti langsung dinikmati, bakal namun guna dijadikan oleh-oleh sekarang sudah terdapat gudeg kering dengan kandungan kuah lebih tidak banyak sampai-sampai gampang diangkut pulang. Gudeg kering ini terbuat sebab banyaknya wisatawan yang hendak menghadiahkan makanan khas Jogja guna sanak family atau teman di rumah. Semakin menarik, sekarang gudeg kering sudah dikemas memakai ’’besek’’. Besek sendiri merupakansebuah wadah yang diciptakan dari anyaman bambu berbentuk kotak.

Di samping besek, terdapat pun saudagar gudeg kering yang mengemas gudeg memakai kendil. Kendil ialah perabot dari tanah liat yang disusun dan dihanguskan hingga mengeras. kita dapat mendatangi gudeg kendil di area wisata Jogja wilayah Mijilan yang memang familiar sebagai sentra produsen gudeg Jogja.