tari kreasi

Tari kreasi yaitu jenis tari dengan gerakan-gerakan yang tidak lagi mengikuti pola baku tarian yang dijadikan dasar tarian baru. Tari kreasi adalah jenis tari tradisional yang dikombinasikan dengan gerak tari lain dan dikembangkan menjadi jenis tari baru. Berdasarkan unsur dasarnya tari kreasi dibagi menjadi 2 buah jenis yaitu :

Tari modern
ciri-ciri tari modern dengan pola gerak tari yang lentur, fleksibel dan energik tetapi masih terselip unsur estetis. Gerak tari modern masih mengandung unsur gerak tari tradisional. Tari kreasi baru masih satu akar dengan tari yang telah mengalami pembaruan, atau bisa dibilang bahwa tari kreasi adalah modifikasi dari seorang penata tari atau pencipta tari untuk menciptakan suatu tari jenis baru. Hasil kreasi baru adalah suatu karya yang dihasilkan dari hasil gagas cipta karya dari indvidu atau kelompok yang dituangkan dalam bentuk karya yang ditata dengan sentuhan dan cita rasa yang baru. Pemahaman tari kreasi baru juga diartikan sebagai suatu hasil ciptaan tari kreasi yang benar-benar baru.

Tari kontemporer.
Ciri-ciri dari tari kontemporer adalah urutan gerakan yang lebih bebas dari tari modern dimana gerakan tari tidak lagi berdasarkan pada gerak tari tradisional.