Nasi Uduk Makanan Tradisional Betawi Yang Enak

Saya emang seneng banget nyobain makanan-makanan tradisional khas sebuah daerah. Makanya, sebuah hari saya jadi mikir. Kan udah nyaris 5 tahun saya numpang hidup di Jakarta. Sebagai petualang kuliner, apaan sih makanan khas Betawi yang belom saya coba? Pas saya googling, ternyata ada sejumlah makanan khas Jakarta (maksudnya makanan berat ya), di antaranya gabus pucung (udah kesempetan saya cobain di Vila Betawi), terus terdapat juhi (udah saya cobain juga), soto betawi (ini saya suka banget), gado-gado, ketoprak (suka banget juga), kerak telor, nasi ulam, dan nasi uduk. Nah, makanan yang terakhir tersebut pasti udah tidak jarang banget anda cobain. Hampir di tidak sedikit tempat ada penjual nasi uduk yang enak pakai bawang goreng, masing-masing orang bahkan biasanya punya nasi uduk favoritnya masing-masing, yang memang enak dan menjadi raja di daerahnya.



Tapi, tentu ada nih lokasi yang sangat terkenal. Setelah googling-googling, didapatlah Nasi Ulam & Nasi uduk ditaburi bawang goreng Ibu Yoyo ini. Akhirnya, sebuah hari Sabtu sore, saya menyempatkan dateng ke sini. Tempatnya tadinya agak-agak susah dicari, tapi kesudahannya ketemu juga. Lokasinya di Jalan Dogol, masuknya dapat dari Jalan Karet Pedurenan atau Jalan Prof. DR Satrio, tepat di seberang Lotte Shopping Avenue. Pas siang tersebut saya ke sini, terdapat dua mobil mewah yang udah parkir di depan warung mereka yang sederhana. Hebat juga, orang tajir aja nyariin nasi uduknya sampe ke lokasi yang rada-rada tersembunyi ini. Siang itu, sayangnya di antara masakan primadona mereka, gorengan kambing, udah abis. Yaah, rada kecewa sih. Tapi ya sudahlah, anda coba saja menu mereka lainnya yang pun terkenal, empal daging.

Penampakannya unik, mengingatkan saya pada gula merah yang dipasarkan di kampung-kampung gitu, yang seringkali suka diiket pake tali dari sabut bambu. Tapi, kalo anda pesen empal dagingnya, ga bakal disajiin begitu aja. Dagingnya bakal dipotong-potong dan talinya dibuang. Nah, laksana yang udah saya bilang tadi, mereka ngejual nasi uduk dan nasi ulam. Karena saya hanya sendirian, dan saya lebih tak asing sama nasi uduk pakai bawang goreng, kesudahannya saya pesen nasi uduk aja. Lauknya terdapat empal daging, perkedel kentang, dan tempe goreng. Dan laksana biasa, harus terdapat taburan bawang goreng serta kerupuk guna meriuhkan suasana. Ternyata emang ga salah, rasa masakan mereka emang enak. Walau perkedel kentang dan tempenya biasa aja sih, namun empal gorengnya enak. Empuk. Seporsi nasi uduk berakhir dengan cepat.