soto iga goreng bawang makanan unik yang perlu dicoba

Umumnya soto disajikan dalam mangkuk kecil atau besar mempunyai kuah yang jernih dan wewangian rempah yang khas. Untuk isian soto ada nasi, soun, kecambah atau tauge, potongan ayam/daging, daun bawang diperbanyak taburan bawang merah atau bawang putih goreng. Di Rumah Makan (RM) Soto Iga Keprabon di Jalan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah menyajikan kuliner soto yang berbeda. Sajian soto memakai daging iga sapi. Menu utama di lokasi tinggal santap berkonsep Joglo Jawa ini ialah Soto Iga Goreng Bawang. Soto iga goreng bawang ini ada dua potong iga sapi masih menyatu dengan tulangnya.

soto iga goreng bawang makanan unik yang perlu dicoba


Saat digigit juga daging iga sapi terasa lunak sebab terlebih dahulu direbus sekitar 2,5 jam. Iga sapi kemudian digoreng sampai berwarna kecoklatan. Iga sapi yang sudah digoreng disajikan di piring bareng dengan irisan tomat, sambal dan bawang putih goreng. Untuk bawang goreng dibeli dari distributor khusus. Ditambah semangkuk kuah soto menyeluruh dengan irisan daun bawang dan nasi putih bakal memanjakan lidah Anda. Pemilik RM Soto Iga Keprabon, Arys Buntara (48) menerangkan, kuliner soto iga goreng bawang itu merupakanhasil karyanya sendiri. Ia hendak membuat sebuah kuliner soto yang bertolak belakang dan belum pernah terdapat di wilayah mana pun.

“Saya yakin menu ini belum terdapat di mana pun. Kalau sop iga telah banyak, sop buntut telah banyak. Kalau soto iga goreng bawang paling enak di sini,” kata Arys di Solo, Jawa Tengah, Senin (16/4). Soto iga goreng bawang rasanya paling lezat dan gurih. Menggunakan resep warisan nenek moyang yang ia modifikasi antara soto dengan iga goreng bawang. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengatakan, yang memisahkan soto iga keprabon miliknya dengan soto beda ialah pada dagingnya. Umumnya daging guna gabungan soto tidak dibumbui. “Di sini seluruh daging anda bumbui. Sehingga bumbu dagingnya paling terasa. Daging anda pisah anda bumbui sendiri. Bawang gorengnya pun anda bumbui, bila enggak rasanya pahit,” jelas dia.